Pages

Total Tayangan Halaman

Senin, 01 September 2008

MODEL PLTA

I. PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG

Pembelajaran yang berhasil ditandai dengan dikuasainya materi pelajaran yang disampaikan oleh guru. Banyak cara guru agar muridnya dapat menyerap materi yang disampaikannya, ada guru yang menyampaikan metode ceramah, drill, demonstrasi, pemberian tugas dll. Penggunaan alat peraga merupakan hal yang penting dalam menyampaikan materi pembelajaran. Dengan alat peraga materi akan tersampaikan dengan utuh, mudah dicerna oleh anak. Peraga yang baik adalah peraga benda aslinya, tetapi ada hal-hal tertentu yang tidak mungkin kita menghadirkan peraga ke dalam kelas misalnya bendanya sangat besar, berbahaya, sukar diamati dan lain sebagainya. Oleh karena itu diperlukan model.

Beranjak dari pemikiran tersebut alat ini tercipta, sebuah model pembangkit listrik yang dihasilkan oleh tenaga air. Sebagai peraga tentunya harus bentuk kemiripan cara kerja yang sama sehingga model tersebut merupakan miniatur benda sebenarnya.

Penggunaan model Pembangkit Listrik Tenaga Air ini sangat cocok karena dirancang secara menarik dan mudah dioperasikan.

B. TUJUAN

Dengan model ini akan diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, mengurangi verbalisme disamping itu dapat menghemat beaya bila kita berkunjung langsung ke PLTA sebenarnya.

II. PEMBAHASAN

A. Tinjauan Umum

Energi listrik dapat dihasilkan oleh berbagai sumber listrik antara lain , baterai, aki, dinamo sepeda, generator, dan sel surya. PLTA merupakan salah satu pembangkit istrik yang dihasilkan dari generator berukuran ( berdaya ) besar, sehingga mampu dialirkan ke berbagai konsumen baik rumah tangga maupun industri. Listrik di rumah tangga diperlukan untuk penerangan, menghidupkan berbagai peralatan listrik misalnya: TV, kulkas, seterika dll. Dalam industri listrik digunakan untuk menjalankan mesin berat, peralatan komputer dll.

Model PLTA ini cukup sederhana yaitu memerlukan motor (dinamo) bekas tape, baterai/listrik, dan relay sebagai bahan utamanya. Motor listrik berfungsi sebagai pemicu relay untuk kontak dengan baterai. Dengan berputarnya motor(dinamo) maka rangkaian akan terhubung dengan listrik dan berfungsilah alat tersebut.

B. Alat dan bahan

1. Motor listrik (dinamo tape recorder)

2. Rangkaian elektronika (transistor, resistor, relay)

3. Kabel

4. Kincir

5. Bejana dari plastik

6. Gabus

7. Kawat

8. Triplek

C. Cara merakit

Tata letak model-PLTA

Listrik Tegangan Sangat Tinggi

( 4 )

Air terjun

( 1 )

Rumah penduduk

( 5 )

Transfor-

mator

( 3 )


Susunlah perlengkapan model PLTA seperti tata letak diatas, langkah pertama yang kita pasang adalah tempat air ( air terjun + turbin ), setelah itu pompa air, lanjutkan dengan pemasangan kabel dari transformator, listrik tegangan sangat tinggi kemudian ke rumah penduduk.

D. Cara Kerja Alat

Ketika air mengalir menggerakkan kincir, kincir berputar menggerakkan motor, motor menghasilkan listrik, listrik ini memicu rangkaian listrik (saklar elektronik) menghubungkan baterai dengan lampu atau peralatan lain yang ada sehingga model PLTA ini bekerja. Ketika aliran air dihentikan maka arus listrik yang dihasilkan oleh motor terhenti dan saklarpun terputus, akibatnya model PLTA ini tidak bekerja.

Perhatikan blok diagram model PLTA

Air mengalir

kincir

Generator/motor listrik

Rangkaian elektronik

Saklar

Peralatan Listrik

Sumber Listrik (aki,baterai,dll.)


E. Keunggulan Model – PLTA

Model – PLTA ini memiliki keunggulan dibanding dengan penggunaan motor listrik biasa.

Berikut ini tabel keunggulan model-PLTA dengan peraga motor biasa

No

Motor listrik biasa

Model-PLTA

1.

Kurang menarik

Menarik sebab terdiri dari berbagai peralatan

2.

Membutuhkan tekanan air yang kuat untuk menyalakan lampu

Membutuhkan tekanan air kecil untuk menyalakan lampu

3.

Nyala lampu kurang stabil, sesuai dengan kekuatan tekanan air

Nyala lampu lebih stabil, walaupun tekanan air kecil/berubah ubah

4.

Sulit untuk dicoba

Mudah untuk dicoba

F. Penerapan Dalam Proses Belajar Mengajar

Alat ini sesuai dengan Kurikulum terbaru ( KTSP ), pada

Standar Kompetensi : 7. Mempraktikkan pola penggunaan dan perpindahan energi

Kompetensi Dasar :7.2 Menyajikan informasi tentang perpindahan dan perubahan energi listrik.

Kelas / Semester : V / 2

Alat ini dikenalkan ketika guru menyampaikan materi tentang berbagai sumber listrik yaitu listrik PLN hal tersebut perlu dijelaskan juga listrik PLN dihasilkan oleh generator yang berukuran besar, generator tersebut digerakkan oleh berbagai sumber misalnya oleh air ( PLTA ), uap ( PLTU ) panas bumi/geotermal ( PLTG ), nuklir ( PLTN ), mesin Diesel ( PLTD ).

Kemudian tunjukkan alat ini ( model PLTA ) dan jelaskan proses terjadinya listrik.

Tidak ada komentar: